ANALISIS KEMAMPUAN ANAK SEKOLAH DASAR DALAM MENGETAHUI BAKAT MELALUI MEDIA MELUKIS
Abstract
Melihat pada kondisi saat ini, pelajaran seni merupakan pelajaran yang tepat diterapkan khususnya pada anak Sekolah Dasar. Dengan demikian dalam proses pencapaian yang diharapkan dalam belajar anak dapat mengetahui bakatnya ketika mencoba atau mempelajari suatu hal yang dianggap penting untuk dipelajari. Penelitian ini merupakan tulisan yang berkaitan dengan kemampuan anak Sekolah Dasar untuk mengetahui bakat melalui media melukis. Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode deskritif, dalam hal ini akan dikaji serta mendeskripsikan hasil observasi, wawancara serta dokumentasi di lapangan. Tulisan ini mengkaji serta mendeskripsika proses melukis pada anak Sekolah Dasar guna mengetahui kemampuan bakatnya dibidang melukis. Subjek dalam penelitian ini berfokus pada pembimbing kegiatan, serta anak yang mengikuti kegiatan pelatihan melukis di Desa Baleendah Kabupaten Bandung. Hasil dari penelitian, dalam proses melukis pelatih atau pembimbing memberikan arahan serta memberikan materi, selanjutnya pada sembilan kali pertemuan terdiri dari ceramah dan demonstrasi adapun kesulitan anak dalam melukis khususnya pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, pada pertemuan kelima mulai terlihat beberapa anak yang menonjol mulai dalam penentuan titik, garis, bidang, bentuk, dan warna. Pertemuan terakhir yaitu penilaian dan penerapan tekstur dan gelap terang, dari delapan anak yang mengikuti pelatihan empat diantaranya mendapatkan nilai baik, dan empat anak yang mendapatkan nilai kurang baik, sehingga dapat diambil kesimpulan dari empat anak yang mengikuti pelatihan melihatkan bakatnya dibidang melukis, penilian ini dinilai dari unsur titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur dan gelap terang.
Kata Kunci: Seni Rupa, Bakat, Melukis