ANALISIS METODE ICE BREAKING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KELAS III SD NEGERI 1 TLAGA
Abstract
Motivasi belajar peserta didik di kelas III tergolong rendah, terdapat beberapa peserta didik yang masih main sendiri, mengantuk, bahkan ngobrol dengan teman sebangkunya ketika pembelajaran. Karena usia anak kelas III yang tergolong anak kecil yang masih suka bermain, jadi pembelajaran dibuat dengan suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode ice breaking bermuatan karakter terhadap motivasi belajar kelas III SDN 1 Tlaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian bahwa metode ice breaking bermuatan karakter terhadap motivasi belajar adalah metode ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan interaktif, dengan menggunakan jenis - jenis ice breaking seperti: (1) Yel-yel, (2) Tepuk Tangan, (3) Lagu, (4) Gerak Anggota Badan, (5) Gerak dan Lagu, (6) Games, (7) Dongeng, (8) Cerita Lucu. Penggunaan metode ice breaking bermuatan karakter membantu dalam pengembangan nilai-nilai karakter peserta didik ini mencakup: (1) moral knowing (pengetahuan moral), (2) moral feeling (perasaan moral), dan (3) moral action (tindakan moral). Motivasi pada metode ice breaking juga memiliki dampak positif pada motivasi belajar peserta didik. Mereka menjadi lebih termotivasi, terutama dalam hal motivasi intrinsik, seperti dorongan untuk semangat dalam belajar dan mencapai hasil belajar yang tinggi. Ini terjadi karena metode ice breaking menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif, membantu peserta didik merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Ice Breaking, Karakter, Motivasi Belajar