PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI 05 TONJONG

Authors

  • Nurkholis .

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v5i1.19

Keywords:

kinerja Guru, supervisi klinis

Abstract

Kinerja guru merupakan hal penting dalam kesuksesan proses pembelajaran. Oleh karena itu peningkatan kinerja guru terutama guru bagi anak-anak SD menjadi hal penting yang harus dilakukan. Dan peningkatan kinerja tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah melalui supervisi klinis. Tindakan yang dilakukan adalah dengan dua siklus melalui 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil tindakan yaitu pada siklus I adalah Pada siklus I diperoleh hasil bahwa ternyata masih ada guru yang memiliki kemampuan yang rendah pada pelaksanaan pembelajaran. Kelemahan tersebut meliputi kelemahan pada penguasai materi pelajaran, pengunaan metode pembelajaran yang tidak variatif serta pengelolaan kelas yang kurang interaktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil bahwa bahwa kemampuan guru dalam penguasaan materi telah mengalami peningkatan. Guru sudah mampu menguasai materi pelajaran secara baik.
Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan supervisi klinis yang dilakukan oleh Kepala Sekolah sekaligus supervisor telah berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam penguasaan materi ajar dan hal ini jelas mambantu meningkatkan kinerja guru yang meliputi kompetensi paedagogis, kepribadian, sosial dan profesional.

Downloads

Published

2017-01-12