PERSEPSI PROGRAM STUDI (PRODI) PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) STKIP ISLAM BUMIAYU TERHADAP IMPLEMENTASI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BUMIAYU DAN PAGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v5i1.20Keywords:
persepsi, PGSD, PPLAbstract
Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang termasuk kelompok matakuliah profesi pada program studi kependidikan yang bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dan sebagai wahana untuk mempersiapkan tenaga kependidikan yang profesional (Buchari Alma, 2010: 104).Selain itu, PPL merupakan bagian integral dari proses pendidikan pada jenjang strata 1 (S1) kependidikan yang dimaksud untuk menyediakan pengalaman mengajar kepada mahasiswa dalam situasi nyata di lapangan untuk mencapai kompetensi yang secara utuh telah ditetapkan oleh masing-masing lembaga perguruan tinggi fakultas pendidikan, salah satunya adalah di STKIP Islam Bumiayu pada program studi (prodi) PGSD.
Penelitian persepsi dari mahasiswa STKIP Islam Bumiayu Prodi PGSD bertujuan untuk mengetahui gambaran kegiatan PPL yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tahun 2014 di kecamatan Bumiayu dan Paguyangan, Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi yang dikemukakan oleh mahasiswa berbeda-beda meskipun secara keseluruhan persepsi mahasiswa sama terhadap implementasi PPL yang dikaitkan dengan pengaplikasian tujuan PPL selama kegiatan PPL berlangsung di Sekolah Dasar kecamatan Bumiayu dan Paguyangan. Hal tersebut dapat terjadi karena setiap mahasiswa memiliki pengetahuan yang berbeda, kesiapan mental yang berbeda, kebutuhan dan motivasi yang berbeda, gaya berfikir setiap mahasiswa yang berbeda serta perhatian mahasiswa pada saat mengikuti kegiatan PPL berbeda-beda.