KONSEP DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MENURUT HOWARD GARDNER
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v6i2.201Keywords:
konsep, desain, pembelajaran, Kecerdasan VisualAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya pemahaman terhadap kecerdasan visual-spasial menurut howard gardner. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep desain pembelajaran berbasis kecerdasan visual-spasial menurut howard gardner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah library research.
Hasil menunjukkan bahwa sebenarnya siswa yang berkecerdasan visual-spasial memiliki potensi besar untuk sukses dalam pekerjaan sebagai seorang desainer, pelaut, pilot, pemahat, pelukis, pemburu, pramuka, pemandu, dekorator interior, arsitek, seniman, atau penemu. Amstrong (2013:66) menyebutkan beberapa materi kunci yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan visual-spasial yaitu kegiatan mengapresiasi seni visual, peralatan kontruksi 3-D, bagan, grafik, diagram, dan peta yang berwarna-warni, kegiatan perenungan atau refleksi, aplikasi menggambar dan melukis dengan komputer, cerita atau dongeng yang imajinatif, peta-peta pikiran (mind map) dan aktivitas-aktivitas kesadaran visual lainnya.