PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV SD SEKECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO

Authors

  • Taufiq Khoirurrohman

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i1.229

Keywords:

kemandirian, pola asuh orang tua, otoriter, demokratis, permisif

Abstract

          Kemandirian  berpengaruh terhadap berkembangnya kehidupan individu. Setiap individu memiliki orang tua dengan pola asuh yang berbeda, ada pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua secara parsial dan  simultan terhadap kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo yang berjumlah 501 dengan sampel berjumlah 225 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, pola asuh permisif, dan kemandirian siswa. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 165 siswa. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linieritas, normalitas dan multikolinieritas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pola asuh otoriter berpengaruh signifikan terhadap kemandirian siswa dengan sumbangan 7,62%; 2) pola asuh demokratis berpengaruh signifikan terhadap kemandirian siswa dengan sumbangan sebesar 14,08%; 3) pola asuh permisif berpengaruh signifikan terhadap kemandirian siswa dengan sumbangan 12,50%; dan 4) pola asuh orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kemandirian  siswa dengan sumbangan sebesar 34,2%.

Published

2018-03-26