UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III A SEMESTER II SD MUHAMMADIYAH SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i1.233Keywords:
Hasil Belajar, Model Cooperative ScriptAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SD Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal tentang mengenal kekhasan bangsa seperti kebhinekaan, kekayaan alam, dan keramahtamahan dengan penerapan model cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa penilaian tes, dokumentasi dan observasi. Analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus terdapat 16 siswa atau 57% yang belum tuntas dalam belajarnya, sedangkan 12 siswa atau 43% telah tuntas dalam belajarnya. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 14 siswa atau 50% yang tuntas belajarnya dan 14 siswa atau 50% belum tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus II, siswa yang tuntas adalah 25 siswa atau 89,3% dan siswa yang belum tuntas adalah 3 siswa atau 10,7%.