UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN ORIENTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK DAFTAR PEMERINTAHAN KECAMATAN, KABUPATEN, KOTA DAN PROPINSI MELALUI PETA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Authors

  • Daryo Sodikun

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i1.235

Keywords:

Aktivitas, Orientas, Model Problem Based Learning

Abstract

          Tujuan penelitian ini untuk meningkatan aktivitas  dan orientasi belajar materi daftar pemerintahan kecamatan, kabupaten, kota dan propinsi melalui model problem based learning siswa kelas IV SD Negeri Pesarean 02. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa penilaian angket dan observasi. Analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran dengan  model Problem Based Learning  adalah pada siklus I orientasi siswa 72,54% dan siklus II 86,43%. Aktivitas siswa siklus I 75,15% dan siklus II 88,41%. Secara keseluruhan  selama proses tindakan orientasi dan aktivitas belajar siswa meningkat. Dalam proses pembelajaran, siswa aktif mencari dan menyusun pengetahuan yang sedang dipelajarinya. Siswa menjadi lebih terampil dalam menerapkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari sehingga aktivitas belajar siswa.

Published

2018-03-26