UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN ORIENTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK DAFTAR PEMERINTAHAN KECAMATAN, KABUPATEN, KOTA DAN PROPINSI MELALUI PETA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i1.235Keywords:
Aktivitas, Orientas, Model Problem Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatan aktivitas dan orientasi belajar materi daftar pemerintahan kecamatan, kabupaten, kota dan propinsi melalui model problem based learning siswa kelas IV SD Negeri Pesarean 02. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa penilaian angket dan observasi. Analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran dengan model Problem Based Learning adalah pada siklus I orientasi siswa 72,54% dan siklus II 86,43%. Aktivitas siswa siklus I 75,15% dan siklus II 88,41%. Secara keseluruhan selama proses tindakan orientasi dan aktivitas belajar siswa meningkat. Dalam proses pembelajaran, siswa aktif mencari dan menyusun pengetahuan yang sedang dipelajarinya. Siswa menjadi lebih terampil dalam menerapkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari sehingga aktivitas belajar siswa.