PENERAPAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA PGSD UAD
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v7i1.27Keywords:
small group discussion, hasil belajar, keaktifan mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan small grup discussion untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa PGSD UAD pada mata kuliah sains dasar. Hasil belajar yang masih kurang yaitu hasil belajar kognitif mahasiswa. Keaktifan dalam penelitian ini yaitu keaktifan dalam bertanya, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan presentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UAD semester 1 pada mata kuliah sains dasar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes tertulis (pretest dan posttest), observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa. Hasil belajar dapat dilihat dari nilai pretes dan posttest pada setiap siklus. Pada siklus I rata-rata pretest yaitu 61,64 dan rata-rata posttest 68,09. Pada siklus II rata-rata pretest yaitu 71,93 dan rata-rata posttest 81,56. Keaktifan mahasiswa sebelum ada tindakan yaitu hanya 15 mahasiswa yang aktif. Pada siklus 1 mahasiswa yang aktif dalam bertanya, menjawab pertanyaan, berdiskusi, dan presentasi ada 30 orang. Pada siklus 2 mahasiswa yang aktif mencapai 42 orang.