PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERBANDINGAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PANCABANA DI KELAS VI SD NEGERI KLAMPOK 01
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v7i1.29Keywords:
Pembelajaran Matematika, Model Discovery Learning,, PancabanaAbstract
Peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan diterapkannya model Discovery Learning Berbantuan Pancabana, dan bagaimanakah pengaruh model Discovery Learning Berbantuan Pancabana terhadap keaktifan belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus. Terjadi peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar 68 dengan persentase 65% menjadi 80 dengan persentase 85% pada siklus II, dan peningkatan keaktifan peserta didik dari kategori kurang aktif dengan persentase 11,30% pada siklus I menjadi sangat aktif dengan persentase 12,40% pada siklus II, serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori kurang pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II.