UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE AKTIVITY PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI KERTAHARJA 03
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.298Keywords:
Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Market Place ActivityAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah pendekatan pembelajaran model Market Place Aktivity dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi pokok Perumusan Pancasila di kelas kelas VI Semester I SD Negeri Kertaharja 03 Kec Pagerbarang, Kabupaten Tegal. Tujuannya adalah : Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada materi pokok Perumusan Pancasila melalui penerapan pendekatan pembelajaran model Market Place Aktivity di kelas VI SD Negeri Kertaharja 03 Kecamatan Pagerbarang Kab Tegal, untuk mengetahui peningkatan Prestasi belajar siswa pada materi pokok Perumusan Pancasila melalui penerapan pendekatan pembelajaran Model Market Place Aktivity di kelas VI SD Negeri Kertaharja 03 Kec Pagerbarang Kabupaten Tegal. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 5 Agustus 2015 sampai 15 Nopember 2015 selama 4 bulan di kelas VI SD Negeri Kertaharja 03 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal semester I Tahun pelajaran 2015/2016. Jumlah subjek penelitan ini ada 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan deskripstif kuantitatif dengan menganalisis data aktrivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus . Indikator keberhasilan adalah jika nilai siswa mendapat nilai 70 mencapai 85% maka dikatakan tuntas belajar.Hasil penelitian menujukkan bahwa: Metode Market Place Aktivity dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang Rumusan Pancasila, terbukti bahwa prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus dengan rata rata kelas hanya 61 dengan ketuntasan belajar 38%. Pada siklus I rata-rata mencapai 75,0 dengan ketuntasan 76%, pada siklus II rata-rata kelas mencapai 95 dfengan ketuntasan mencapai 83%, Metode/model Market Place Aktivity dalam kegiatan pembelajaran yang mencukupi kebutuhan siswa dapat meningkatkan aktivitas siswa tentang kompetensi dasar bentuk benda yang mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak. Aktivitas siswa pada pra siklus I dengan skor 6,1 (dalam skala 1 - 5), pada siklus I dengan skor 7,5 ( dalam skala 1-5) dan pada siklus II dengan skor 8,3( skala 1-5)