PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI KARANGANYAR PAGERBARANG TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.299Keywords:
Sumber Daya Alam dan manfaatnya, prestasi, aktivitas belajarAbstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa. Hal ini merupakan tantangan bagi peneliti agar mengubah anggapan pelajaran IPA sebagai pelajaran yang sulit menjadi pelajaran yang menyenangkan melalui metode kooperatif teknik Example Non Example teknik materi yang disampaikan dapat mudah dipahami, sehingga siswa termotivasi untuk aktif mempelajarinya. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan lokasi penelitian di SDN Karanganyar pada semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian kelas IV sebanyak 21 siswa dengan metode pengambilan data dengan Tes terulis, angket, observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan persentase dengan membandingkang hasil siklus I dan II. Hasil penelitian ini adalah pretsasi belajar meningkat dengan rata-rata siklus I sebesar 64,8 dengan ketuntasan 57% dan pada siklus II rata-rata sebesar 84,3 dengan ketuntasan 90,5%. Aktivitas pembelajaran pada siklus I dikatgorikan cukup baik dengan rata-rata nilai 3,6 (skala 1-5) dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai kategori baik dengan nilai rata-rata 4,8 (skala 1-5) berarti meningkat menjadi baik. Peningkatan hasil belajar melalui metode example non example dengan kegiatan aktivitas-aktivitas (a) Pelaksanaan Apersepsi yang Menarik, (b) Keterlibatan siswa dalam pembelajaran, (c) Pengaktifan siswa dalam bertanya jawab dan diskusi kelompok, (d) Pengaktifan siswa dalam kegiatan latihan, dan (e) Pemanfaatan alat peraga.