EKSPRESIFITAS PEMBELAJARAN SENI LUKIS DENGAN MEDIA CAT AIR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PEKUNCEN 01
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v7i1.30Keywords:
Ekspresifitas, pembelajaran seni lukis, cat airAbstract
Tujuan penelitian (1) mengetahui ekspresifitas siswa kelas V SD N Pekuncen 01 dalam melaksanakan pembelajaran seni lukis menggunakan cat air, (2) mengetahui proses pembelajaran seni lukis menggunakan media cat air pada siswa kelas V SD N Pekuncen 01. Metode Penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Pekuncen 01. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian (1) pada siswa kelas V SD N Pekuncen 01 karya lukis cukup ekspresif, terlihat dari ungkapan jiwa dan pengalaman pribadi siswa keseharian, siswa terlihat senang dan menikmati berkarya dengan media cat air, karya mengarah ke bentuk realistis, siswa lebih memikirkan bentuk gambar yang dapat diterima oleh lingkungan, dan pola spontanitas yang mulai berkurang. (2) proses pembelajaran seni lukis menggunakan cat air berjalan lancar, karya dikomposisikan dengan perpaduan unsur dan prinsip seni yang beragam.