UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA BENDA KONGKRIT PADA SISWA KELAS III A SEMESTER II SD MUHAMMADIYAH SLAWI
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.300Keywords:
Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Media Benda-benda KongkritAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya dengan media benda-benda kongkrit berupa bangun datar yang ada di lingkungan kelas/sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa penilaian tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 57% kriteria ‘tuntasâ€. Pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa adalah 92,85% kriteria “tuntasâ€. Hasil belajar siswa pada pra siklus terdapat 18 siswa atau 64,3% yang belum tuntas dalam belajarnya., sedangkan 10 siswa atau 35,7% telah tuntas dalam belajarnya. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 16 siswa atau 57% yang tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa pada siklus II, siswa yang tuntas adalah 26 siswa atau 92,85%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar meningkat melalui benda-benda kongkrit.