PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SRENGSENG 02 PAGERBARANG TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.302Keywords:
Keaktifan, Hasil belajar, Student Teams Achievement Division (STAD)Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan dan hasil belajar siswa yang masih rendah belum sesuai tujuan yang diharapkan. Sehingga diterapkan pembelajaran dengan model STAD. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn Materi Pokok Memahami Sistem Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan melalui model pembelajaran STAD, (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn Materi Pokok Memahami Sistem Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan melalui model pembelajaran STAD. Rancanagan penelitian yang dilaksanakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik penelitian tindakan (action researh). Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Srengseng 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa menjadi 79,68 atau klasifikasi B pada siklus I dan keaktifan belajar menjadi 87,25 atau klasifikasi A pada siklus II bila dibandingkan dengan keaktifan belajar sebelum tindakan penelitian yang hanya mencapai 67,68 atau klasifikasi C, (2) meningkatkan hasil belajar khususnya dalam ketuntasan belajar siswa menjadi 65,00% pada siklus I dan ketuntasan belajar menjadi 100,00% pada siklus II bila dibandingkan dengan ketuntasan belajar sebelum tindakan penelitian yang hanya 40,00%.