ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM KARANGAN SISWA KELAS 3 SDN KETUG KECAMATAN BUTUH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Taufiq Khoirurrohman

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.303

Keywords:

Pemakaian Huruf, Penulisan Kata, Pemakaian Tanda Baca

Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan yang terdapat dalam karangan siswa kelas 3 SDN Ketug Kecamatan Butuh. Kesalahan ejaan tersebut mencakup: a) kesalahan pemakaian huruf, b) kesalahan penulisan kata, c) kesalahan penggunaan tanda baca.

Subjek penelitian ini adalah karangan siswa kelas 3 SDN Ketug Kecamatan Butuh. Objek dari penelitian ini adalah penerapan ejaan yang meliputi pemakaian huruf, penulisan kata dan pemakaian tanda baca. Instrumen penelitian ini menggunakan human instrumen, yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik membaca dan mencatat. Teknik analisis data menggunakan metode agih. Teknik keabsahan data menggunakan teknik intrarater.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pemakaian huruf salah satunya kesalahan penggunaan huruf kapital. Ditemukan 6 kasus kesalahan, di antara 6 kasus tersebut kesalahan pemakain huruf kapital yang paling dominan ditemukan. Kedua, penulisan kata ditemukan kesalahan kurang huruf, kelebihan huruf, perangkai kata dan kesalahan dalam penulisan huruf. Ketiga, pemakaian tanda baca yang ditemukan adalah kesalahan tanda titik pada akhir kalimat, kesalahan tanda koma, kesalahan tanda titik koma, dan kesalahan tanda hubung. Secara umum kesalahan pada karangan siswa SD adalah pemakaian huruf kapital, penulisan kata dan pemakaian tanda baca.

Downloads

Published

2018-09-23

Issue

Section

Articles