PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK “SNAKE AND LAD-DER” UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Khadiratul Khotimah
  • Nur Ngazizah

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.304

Keywords:

project based learning, kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat media pembelajaran berupa permainan ular tangga untuk materi hewan vertebrata dan avertebrata. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa degan melibatkan siswa dalam membuat suatu proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa. Indikator kreativitas siswa dapat dilihat dari rasa ingin tahu, percaya diri, mengungkapkan pendapat, ketekunan dan daya imajinasi. Skor yang didapat kemudian dikonversi dan mendapatkan hasil 94% dengan kategori sangat baik yang menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam kegiatan belajar menggunakan model project based learning.

Downloads

Published

2018-09-23

Issue

Section

Articles