IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SEKOLAH MULTI-ETNIK DI KOTA TEGAL (STUDI INTERAKSI SOSIAL DI SD PIUS KOTA TEGAL)

Authors

  • Didik Tri Setiyoko
  • Nurchalistiani Budiana

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.305

Keywords:

Nilai-nilai multikultural, Sekolah multi-etnik, Interaksi sosial.

Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman peserta didik baik dari etnis Tionghoa, etnis Jawa, maupun etnis Batak terhadap nilai-nilai multikultural yang didapatkannya dari sekolah dan keluarga, peran sekolah dalam membiasakan peserta didiknya untuk mengamalkan nilai-nilai multikultural dalam kehidupan sosial siswa, dan implementasi nilai-nilai multikultural anak-anak etnis Tionghoa, etnis Jawa, dan etnis Batak dalam berinteraksi di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini ialah pemahaman siswa tentang nilai-nilai multikulturalisme sangat beragam, terdapat empat kategori tentang pemahaman siswa terhadap nilai-nilai multikultural. Nilai-nilai yang dipahami oleh para siswa antara lain nilai toleransi, saling menghargai, menghormati budaya dan agama, kebersamaan, persatuan, kerjasama, dan nilai solidaritas. Dampak yang dipahami oleh para siswa jika individu tidak memahami nilai-nilai multikultural antara lain akan terjadi konflik antar kelompok/etnis yang akan mengancam keutuhan bangsa. Peran sekolah dalam membiasakan para siswa dalam mempraktekkan nilai-nilai multikultural antara lain berperan sebagai a) Fungsi Akademik, b) Fungsi Fasilitator, dan c) Fungsi Penegak aturan/tata tertib di sekolah. Implementasi nilai-nilai multikultural di SD Pius Kota Tegal telah berjalan dengan baik yang teraktualisasikan dalam interaksi antar siswa yang berlainan etnis. Siswa etnis Tionghoa, etnis Jawa, dan etnis Batak dapat berinteraksi dengan baik tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lainnya.

Downloads

Published

2018-09-23

Issue

Section

Articles