PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM GERAK DAN PENCERNAAN MANUSIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 CILONGOK
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.306Keywords:
hasil belajar, Pembelajaran InquiryAbstract
Hasil evaluasi peserta didik berupa nilai ulangan harian, secara klasikal belum 85% siswa tuntas belajar. Pada kenyataannya lebih dari 60% siswa secara individu belum mencapai ketuntasan minimal 75. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik belum memahami materi, baik klasikal maupun individu.
Penelitian ini terbatas pada penggunaan pembelajaran inquiry untuk Peningkatan hasil belajar IPA melalui Pembelajaran Inquiry Bagi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Cilongok Kabupaten Banyumas Pada Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 pada pokok bahasan Berbagai Sistem dalam Kehidupan Manusia.
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Cilongok dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIII E. Alat pengumpul data berupa lembar pengamatan pada siswa dan butir soal tes tertulis yang disusun penulis. Analisis data menggunakan persentase.
Melalui pembelajaran metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar sistem Gerak dan Pencernaan bagi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Cilongok semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 dari kondisi awal rata-rata 65,74 ke siklus 1 rata-rata 82,50 , meningkat sebesar 16,76. Melalui pembelajaran metode inquiry terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar sistem Gerak dan Pencernaan Manusia bagi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Cilongok semester I Tahun Pelajarn 2017/2018.