PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA SD MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Authors

  • Restu Indriajati
  • Nur Ngazizah

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.307

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, pemahaman

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk studi penelitian pendahuluan mengenai kreativitas dan pemahaman siswa SD Muhammadiyah Purworejo pada kelaas II dalam pembelajaran tematik tema 1 sub tema 3 tentang hidup rukun di tempat bermain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019  dengan jumlah 36 siswa hasil dari penelitian bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek  yaitu pembuatan kartu bilangan pada pembelajaran Tematik terhadap kreativitas dan pemahaman siswa yang diharapkan agar siswa aktif untuk melakukan serta menciptakan bilangan sendiri dari hasil pembuatan kartu bilangan kemudian membandingkan kedua bilangan yang diperoleh. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kreativitas siswa dan lembar kerja siswa. Analisis data dibagi menjadi 4 yaitu pengkodean, tabulasi data, analisis data kualitatif, membuat interpretasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dan pemahaman siswa SD Muhammadiyah Purworejo memiliki persentase 88 % untuk kreativitas siswa dengan kategori sangat baik dan pemahaman siswa memiliki persentase 91 % dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2018-09-23

Issue

Section

Articles