UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL KELAS IX E SEMESTER 2 DI SMP NEGERI 2 CILONGOK BANYUMAS

Authors

  • Wiji Astuti

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.309

Keywords:

the learning cell, keterampilan menulis pidato

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menulis teks pidato, maka penelitian ini mencoba untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks pidato  kelas IX E semester 2 di SMP Negeri 2 Cilongok, Kabupaten Banyumas Tahun Pembelajaran 2017-2018.

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu pratindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe  the learning cell dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pidato. Keterampilan menulis teks pidato pada pratindakan rata-ratanya 63,58 (cukup) dan siswa yang sudah mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal baru 15,15%. Siklus I rata-ratanya 77,82 (baik) dan siswa yang mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal bertambah menjadi 81,82. Siklus II  rata-ratanya meningkat lagi menjadi 83,64 masuk dalam kategori Baik dan semua siswa sudah mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal.

Downloads

Published

2018-09-23

Issue

Section

Articles