GURU PROFESIONAL DALAM PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.311Keywords:
Guru Profesional, Persepsi, MahasiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhadi Setiabudi tentang guru profesional. Peneliti mengkaji persepsi mahasiswa di karenakan persepsi merupakan hal yang penting, dan setiap individu akan memiliki persepsi yang berbeda terhadap suatu hal maupun kegiatan dengan tujuan dapat menggambarkan persepsi mahasiswa tentang guru profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhadi Setiabudi (FKIP) serta menggunakan sampel penelitian purposive sampling yaitu mahasiswa yang telah mengajar disekolah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah gambaran mengenai guru profesional yaitu orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal. Guru profesional menurut Mahasiswa adalah guru yang memiliki empat kompetensi atau keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang guru, diantaranya: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi profesional. Mahasiswa juga mempersepsikan guru profesional dalam tiga kategori, diantaranya yaitu: tindakan, ucapan dan penampilan.