UPAYA PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 SD NEGERI SEMBOJA 01 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.388

Keywords:

metode eksperimen, prestasi belajar, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi siswa melalui penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA siswa kelas I SDN Semboja 01 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belar siswa yang pada pra siklus rata-rata hanya 60 dengan prosentase ketuntasan 59,72%, pada siklus I rata rata nilai meningkat menjadi 68 dengan tingkat ketuntasan 67,78%, dan pada siklus 3 rata-rata nilai menjadi 78 tingkat ketuntasan 78,06%. Sedangkan keaktifan siswa pra siklus 25,00%, siklus 2 55,56% dan siklus 3 91,67%.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles