UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MEDIA ALAT BANTU DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS IV SD NEGERI SRENGSENG 01KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.392

Keywords:

hasil belajar, media alat bantu, pendekatan bermain, peningkatan kinerja guru

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa SD Negeri Srengseng 01 dengan melalui media alat bantu dengan pendekatan bermain lempar sasaran dan tolak sambung pada materi tolak peluru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Srengseng 01 yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data yang terkumpul dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif dengan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian alat bantu dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi gerak dasar tolak peluru dapat meningkatkan semangat siswa, antusias siswa, suasana kelas dan peningkatan hasil atau nilai siswa. Terdapat peningkatan pada hasil belajar tolak peluru dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II baik dari peningkatan nilai rata-rata maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Dari ketuntasan belajar pada kondisi awal persentase ketuntasan memperoleh 33% dengan rata-rata kelas 69. Pada siklus 1 persentase ketuntasan memperoleh 64% dengan rata-rata kelas 77. Sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan memperoleh 89% dengan rata-rata 82.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles