MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI POKOK MENDESKRIPSIKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS (Think-Pair-Share)DI KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI JATIWANGI 03 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.393

Keywords:

model pembelajaran TPS, prestasi belajar siswa

Abstract

Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan  prestasi   belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi pokok Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia   di kelas V semester 1 SD Negeri  Jatiwangi 03  . Tujuannya adalah mengupayakan peningkatan  prestasi belajar siswa yang sangat rendah menjadi meningkat. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar dan dan aktivitas siswa  diperoleh dari keaktifan peserta didik selama melaksanakan kegiatan pembelajaran itu meningkat. Penelitian dilaksanakan di  kelas V SD Negeri Jatiwangi 03 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, dengan jumlah siswa  sebanyak  20 . Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran:2) Setelah menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) pada pra siklus hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 56, siklus 1 hasil belajar peserta didik  mencapai rata-rata 75,5 sedangkan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik meningkat rata-ratanya menjadi 87  sehingga terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga pelaksanaan penilitian tindakan kelas dinyatakan selesai sampai siklus II saja. Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share)dapat meningkatkan  prestasi belajar siswa . Dengan menggunakan  Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) hasil belajar peserta didik meningkat dan  pembelajaran menjadi  mudah dipahami oleh siswa.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles