MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI POKOK MENDESKRIPSIKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS (Think-Pair-Share)DI KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI JATIWANGI 03 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.393Keywords:
model pembelajaran TPS, prestasi belajar siswaAbstract
Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi pokok Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V semester 1 SD Negeri Jatiwangi 03 . Tujuannya adalah mengupayakan peningkatan prestasi belajar siswa yang sangat rendah menjadi meningkat. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar dan dan aktivitas siswa diperoleh dari keaktifan peserta didik selama melaksanakan kegiatan pembelajaran itu meningkat. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri Jatiwangi 03 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, dengan jumlah siswa sebanyak 20 . Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran:2) Setelah menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) pada pra siklus hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 56, siklus 1 hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 75,5 sedangkan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik meningkat rata-ratanya menjadi 87 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga pelaksanaan penilitian tindakan kelas dinyatakan selesai sampai siklus II saja. Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share)dapat meningkatkan prestasi belajar siswa . Dengan menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) hasil belajar peserta didik meningkat dan pembelajaran menjadi mudah dipahami oleh siswa.