MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI POKOK PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PUSAT DAN DAERAH MELALUI METODE DISCOVERI DI KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI RANDUSARI 02 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.394Keywords:
metode discoveri, prestasi belajar siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengupayakan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang sangat rendah menjadi meningkat. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar dan dan aktivitas siswa diperoleh dari keaktifan peserta didik selama melaksanakan kegiatan pembelajaran itu meningkat. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri Randusari 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, dengan jumlahsiswa sebanyak 28. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan Motede discoveri dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran: 2) Setelah menggunakan Motede discoveri pada siklus 1 hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 72,5, sedangkan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik meningkat rata-ratanya menjadi 89,28 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga pelaksanaan penilitian tindakan kelas dinyatakan selesai sampai siklus II saja. Pembelajaran menggunakan motede discoveri dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan motede discoveri hasil belajar peserta didik meningkat dan pembelajaran menjadi mudah dipahami oleh siswa.