MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI POKOK PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PUSAT DAN DAERAH MELALUI METODE DISCOVERI DI KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI RANDUSARI 02 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.394

Keywords:

metode discoveri, prestasi belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengupayakan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang sangat rendah menjadi meningkat. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar dan dan aktivitas siswa  diperoleh dari keaktifan peserta didik selama melaksanakan kegiatan pembelajaran itu meningkat. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri Randusari 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, dengan jumlahsiswa  sebanyak  28. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan  Motede discoveri dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran: 2) Setelah menggunakan  Motede discoveri pada siklus 1 hasil belajar peserta didik  mencapai rata-rata 72,5, sedangkan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik meningkat rata-ratanya menjadi 89,28 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga pelaksanaan penilitian tindakan kelas dinyatakan selesai sampai siklus II saja. Pembelajaran menggunakan motede discoveri  dapat meningkatkan  keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan motede discoveri hasil belajar peserta didik meningkat dan  pembelajaran menjadi  mudah dipahami oleh siswa.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles