METODE DEMONTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK KONDUKTOR DAN ISOLATOR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KERTAHARJA 03 KABUPATEN TEGAL SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.395

Keywords:

aktivitas belajar, hasil belajar, konduktor dan isolator, metode demontrasi

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dengan berdasarkan latar belakang permasalahan kurangnya aktivitas belajar dalam proses kegiatan pembelajaran IPA materi pokok Konduktor dan Isolator yang berdampak rendahnya hasil belajar siswa pada saat guru masih menggunakan metode ceramah (konvesional). Hal tersebut dapat dilihat pada  siswa kelas VI SD Negeri Kertaharja 03  Kabupaten Tegal semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 dari 25 siswa hanya 13 (tiga belas) atau 52,00% saja siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar atau memperoleh nilai 75 keatas siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar atau memperoleh nilai 75 keatas. Strategi pemecahan masalah yang digunakan oleh peneliti yang sekaligus guru kelas VI SD Negeri Kertaharja 03  adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu metode Demontrasi. Adapun tehnik  pengambilan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA materi pokok Konduktor dan Isolator. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kertaharja 03  Kabupaten Tegal semester 1  Tahun Pelajaran 2018/2019  dengan subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VI SD Negeri Kertaharja 03  Kabupaten Tegal yang terdiri atas 9 (sembilan) siswa laki-laki dan 16 (enam belas) siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya Metode Demontrasi dalam Upaya Meningkatkan  baik aktivitas belajar maupun ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan belajar siswa mencapai sebesar 72,00% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi sebesar 100% pada siklus II bila dibandingkan dengan pembelajaran sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas. Metode Demontrasi dalam Upaya Meningkatkan  ini membuktikan keberhasilan pembelajaran IPA materi pokok Konduktor dan Isolator dengan menggunakan metode Demontrasi. Metode Demontrasi dalam Upaya Meningkatkan  ketuntasan belajar ini dikarenakan adanya perubahan aktivitas belajar siswa ke arah yang lebih baik selama proses.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles