PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN METODE BERMAIN KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI SUROKIDUL 02 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.397

Keywords:

metode bermain, prestasi belajar, aktivitas belajar

Abstract

Dalam rangka meningkatkan pretasi belajar siswa pada materi pembelajaran Penjasorkes pokok bahasan atletik nomor lompat jauh, dilakukan penelitian perbaikan pembelajaran terhadap 31 peserta didik kelas V  Semester 2 SD Negeri Surokidul 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Data yang diperoleh melalui metode bermain, dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif metode komparatif untuk membandingkan kemajuan perbaikan di setiap siklus, dan juga menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus prosentase untuk mengukur kemajuan perbaikan yang dimaksud.

Pretasi belajar pada prasiklus hanya mencapai 32,26 % dengan rata-rata nilai 69,55. Setelah diadakan penelitian menggunakan metode bermain prestasi belajar peserta didik naik menjadi 64,52 % dengan rata-rata nilai 73,38. Sementara pada siklus 2 terjadi kenaikan prestasi belajar yang signifikan hingga mencapai 90,32 % dengan nilai rata-rata 77,21. Peningkatan nilai rata-rata dan prestasi hasil belajar pada prasiklus II sudah menunjukan target yang diinginkan peneliti.

Dari data dan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa metode bermain  dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran penjasorkes materi lompat jauh  Pada peserta didik Kelas 5 Semester 2 SD Negeri Surokidul 02 kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles