PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.398

Keywords:

manajemen, sarana prasarana, mutu pembelajaran, inklusi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran sekolah dasar inklusif, dan mendeskripsikan permasalahan manajemen sarana dan prasarana pembelajaran sekolah dasar inklusif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Lokasi penelitian di SD Negeri Klampok 01 Brebes. Sumber datanya dari kepala sekolah, guru pembimbing khusus. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara pengambilan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran sekolah inklusif yaitu: perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, penataan, penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan sarpras; (2) permasalahan manajemen sarana dan prasarana pembelajaran sekolah dasar inklusif, yaitu kurangnya pengetahuan guru dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran, dan tidak adanya tempat untuk menyimpan sarana dan prasarana pembelajaran serta kurangnya perawatan.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles