KONSEP PENDIDIKAN MORAL MENURUT SAID NURSI

Authors

  • Muh. Luqman Arifin

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v5i1.4

Keywords:

Said Nursi, Pendidikan Moral, Konsep

Abstract

Degradasi moral yang makin nyata melanda manusia Indonesia perlu penanganan serius. Pendidikan sebagai intrumen pencerdasan manusia belum sepenuhnya memainkan peran yang maksimal. Integrasi kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam sistem pembelajaran masih belum terealisasi maksimal. Penelitian berjudul, Konsep Pendidikan Moral menurut Said Nursi, merupakan cara mencari model pendidikan untuk menanamkan ajaran moral kepada peserta didik. Said Nursi merupakan tokoh pendidik yang mampu menawarkan terbosan baru dalam dunia pendidikan melalui gagasan dan ide pendidikan moral. Penelitian ini bersifat kepustakaan dengan objek penelitian buku berjudul Rasail An- Nur , karya Badi’ Az-Zaman Said Nursi. Data berupa kata, frasa, kalimat yang mengandung informasi berkaitan dengan masalah penelitian diambil dari objek penelitian. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif terhadap buku berjudul Rasail An-Nur.

Penelitian ini termasuk tipologi penelitian budaya, yakni model penelitian yang memiliki konsen terhadap pemikiran-pemikiran, nilai-nilai, dan ide-ide budaya sebagai produk berpikir manusia.

Dari penelitian dihasilkan bahwa konsep pendidikan moral menurut Said Nursi ada tiga. Pertama, penanaman nilai keindahan dan keagungan, kedua, pendidikan batin, dan ketiga, memadukan antara nilai agama dan ilmu pengetahuan.

Downloads

Published

2016-12-21