PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS LAGU DI SD NEGERI 1 JATISAWIT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.402

Keywords:

persepsi siswa, pembelajaran bahasa Inggris, lagu bahasa Inggris

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris setelah dilakukan proses pembelajaran bahasa Inggris menggunakan lagu (English Songs), sehingga hasil dari persepsi tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pihak sekolah (para guru maupun kepala sekolah) untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Inggris yang bisa meningkatkan output siswa yang lebih berkualitas sehingga mereka memiliki kemampuan berkomunikasi berbahasa Inggris dengan lebih baik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi adalah siswa SD Negeri 1 Jatisawit Bumiayu Kabupaten Brebes, dan sebanyak 38 siswa kelas VI yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah setengah siswa (52.8%) merespon cukup baik terhadap metode pembelajaran guru didalam kelas, sebagian besar siswa (70.69%) merespon sangat baik terhadap lagu bahasa Inggris yang digunakan di dalam pembelajaran, dan sebagian besar siswa (67.37%) merespon sangat baik terhadap pembelajaran bahasa Inggris menggunakan lagu bahasa Inggris di kelas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa SD Negeri 1 Jatisawit terhadap pembelajaran bahasa Inggris berbasis lagu sangat baik.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles