PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS MUSIK DAN LAGU ANAK TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Diyah Ayu Retnoningsih
  • Winda Solihatun

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i2.426

Keywords:

Literasi bahasa indonesia, Musik, lagu anak, Kemampuan bahasa

Abstract

Berbicara mengenai pengaruh musik dan lagu dalam kehidupan masyarakat
sekarang menjadi bagian yang menarik untuk dibahas. Berkitan dengan
pengaruh musik dan lagu dalam didalam proses pembelajaran adalah sebagai strategi
yang digunakan dalam menciptakan pembelajaran yang menyenagakan, efektif
dan efisien. Membentuk pembelajaran yang menyengkan merupakan bagian terpenting
dalam mencapai tujuan pembelajaran yang baik dan berkuwalitas. Pencapaian
tersebut tidak lepas dari faktor pendukung (faktor internal dan external)
yang menjadi bagian terpenting dalam menciptakan pembelajaran yang menyeluruh
dan bermakna. Salah satu masalah yang cukup menjadi perhatian sekarang ini adalah
berkaitan dengan kemampuan bahasa siswa pada literasi pembelajaran bahasa
Indonesia disekolah dasar yang dirasa kurang memenuhi standarisaasi indikator
aspek bahasa secara menyeluruh.
Penelitian ini bersifat kepustakaan dengan objek musik dan lagu. Data
berupa hasil penelitian dan teori terkait variabel. Analisis data dilakukan dengan
teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk tipologi penelitian budaya, yakni
model penelitian yang memiliki konsen terhadap pemikiran-pemikiran, nilai-nilai,
dan ide-ide budaya sebagai produk berpikir manusia. Hasil penelitian ini meunjukan
bahwa dampak yang dihasilkan musik dan lagu antara lain musik dan lagu dapat
menciptakan suasan yang ramah ketika siswa mulai masuk dalam proses pembelajaran,
musik dan lagu dapat meningkatka minat belajar siswa, meningkatkan daya
ingat, kemampuan relaks dan konsentrasi/ tingkat kefokusan siswa serta meningkatkan
kemampuan kebahasaannya.

Published

2019-10-13