ANALISIS MISKONSEPSI PADA KONSEP DASAR IPA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

Authors

  • Eka Trisnawati

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i2.427

Keywords:

miskonsepsi, konsep dasar IPA, sistem pencernaan, mahasiswa PGSD, CRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada mata kuliah Konsep Dasar
IPA khususnya konsep sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian ini adalah
deskripstif kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Prodi PGSD Universitas Peradaban. Sampel penelitiannya yaitu 50 mahasiswa
dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data
menggunakan dengan teknik tes dan non tes. Tes menggunakan instrumen diagnostis
yang dilengkapi dengan CRI (Certainty of Response Index) untuk mengidentifikasi
miskonsepsi. Non tes menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk mengetahui
alasan mahasiswa mengalami miskonsespsi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
sebesar 34% mahasiswa mengalami miskonsepsi pada sistem pencernaan. Persentase
miskonsepsi tertinggi terdapat pada subkonsep penyebab konstipasi 24,85 %
dan persentase miskonsepsi terendah pada subkonsep malnutrisi 4,73%. Faktor
utama penyebab terjadinya miskonsepsi bersumber dari pemikiran sendiri (intuisi)
dan sumber belajar.

Published

2019-10-13