ANALISIS TARI TUNGGAL DAERAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i2.428Keywords:
Pembelajaran, Seni, Tari TunggalAbstract
Penelitian ini mengkaji terkait pembelajaran pada teknik tari tunggal daerah
pada siswa Sekolah Dasar, berfokus pada karakter siswa dalam pemilihan tarian.
Pelatihan tari ini adalah untuk mengembangkan tari daerah Jawa Barat terkait tarian
tunggal pada siswa Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengajak siswa
agar lebih perduli pada tarian tardisional Jawa Barat sehingga tidak mempelajari
tarian modern. Pada dasarnya tarian tunggal daerah jarang ada peminatnya berkaitan
dengan mental siswa yang tidak merasa percaya diri tampil seorang diri untuk
menari. Selain itupun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja
teknik tari tunggal yang diajarkan oleh guru (pelatih), dan untuk mengetahui sejauh
mana kendala serta pendukung dari tarian tunggal daerah di lingkungan Sekolah
Dasar. Desain dalam tulisan ini mengunakan penelitian kualitatif, serta metode yang
diambil dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif, dimana akan mengkaji
serta mendeskripsika pembelajaran proses pada siswa yang memilih berlatih tari
tunggal daerah. Subjek dalam penelitian ini berfokus kepada siswa dan siswi di SD
Negeri GM 01 Ciheulang Bandung. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui bahwa
siswa yang mengikuti latihan tari tunggal daerah sangatlah sedikit dibanding dengan
siswa yang memilih tarian berkelompok, siswa yang mengikuti tari tunggal cenderung
lebih percaya diri dan kreatif, selain itupun ditemukan kendala serta faktor pendukung
selama proses berlatih.