UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KONSEP PERPINDAHAN KALOR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SD NEGERI BULAKPACING 01 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPA
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.511Keywords:
Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, DemonstrasiAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestastai hasil belajar IPA kompetensi dasar menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2018/2019 SD Negeri Bulakpacing 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian menggunakan pendakatan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Bulakpacing 01 yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamtan aktivitas belajar dan tes prestasi belajar materi. Teknik analisis data dengan membandingkan prosentasi aktivitas belajar dan prestasi belajar antar siklus, kemudian menafsirkannya dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA kompetensi dasar menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2018/2019 SD negeri bulakpacing 01 kecamatan dukuhwaru kabupaten Tegal.
Aktivitas Belajar