PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT) DI SD NEGERI SUROKIDUL 02 KECAMATAN BPAGERBARANG KABUPATEN TEGAL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.512Keywords:
In House Training, Kompetensi Guru, Rencana Pelaksanaan PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan In House Training (IHT) penyusunan RPP di SD Negeri Surokidul 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Semester II tahun pelajaran 2018/2019, (2) mengetahui langkah-langkah pelaksanaan kegiatan In House Training (IHT) penyusunan RPP untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP bagi guru SD Negeri Surokidul 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Semester II tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini didesain menggunakan desain penelitian tindakan (action research). Objek tindakan dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah Kegiatan IHT penyusunan RPP untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP bagi guru SD Negeri Surokidul 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Semester II tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi Data yang terkumpul dianalisis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kegiatan In House Training (IHT) penyusunan RPP dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP bagi guru di SD Negeri Surokidul 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal semester II tahun pelajaran 2018/2019. Langkah-langkah pelaksanaan In House Training (IHT) penyusunan RPP pada setiap siklusnya secara garis besar yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain: menganalisis kebutuhan atau masalah spesifik yang dihadapi guru dalam menyusun RPP, menentukan materi, membuat kesepakatan bersama-sama guru mengenai tempat, waktu dan jadwal pelaksanaan In House Training (IHT) penyusunan RPP, menyusun format lembar pengamatan beserta kisi-kisinya untuk mengukur kelayakan RPP, mengadakan pelatihan penyusunan RPP baik secara individu maupun kelompok dan melakukan tes pemahaman guru tentang materi konsep dasar serta langkah-langkah menyusun RPP. Namun terdapat perbedaan tindakan yang dilakukan dalam pelaksanaan In House Training (IHT) penyusunan RPP yaitu pada siklus I dibimbing secara kelompok tapi pada siklus II dibimbing secara intensif tiap individu.