PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • Dian Purwaningsih
  • Anwar Ardani
  • Ani Irawati

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.516

Keywords:

Intensitas, Kedisiplinan, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan intensitas belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep mata kuliah aljabar linier. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) yaitu jenis penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Subyek Penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika yang berjumlah 16. Tempat penelitian dilakukan di Pendidikan Matematika Universitas Peradaban semester I Tahun Akademik 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep; lembar angket kedisiplinan belajar; lembar angkat intensitas belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi berupa analisis regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh besarnya pengaruh variabel kedisiplinan belajar dan intensitas belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 83%. Nilai F = 31,799 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa kedisiplinan belajar dan intensitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep. Koefisien regresi kedisiplinan belajar sebesar 3,151 dan intensitas belajar sebesar -2,737. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kedisiplinan belajar dan intensitas belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep mata kuliah aljabar linier.

Downloads

Published

2020-03-04