UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA MTS N LEBAKSIU TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION)
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.519Keywords:
Grup Investigation, Partisipasi, Prestasi BelajarAbstract
Tugas utama guru adalah bertanggung jawab membantu anak didik dalam hal belajar. Dalam proses belajar mengajar, gurulah yang menyampaikan pelajaran, memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam kelas, membuat evaluasi belajar siswa, baik sebelum, sedang, maupun sesudah pelajaran berlangsung. Untuk memainkan peranan dan melaksanakan tugas-tugas itu, seorang guru diharapkan memiliki kemampuan profesional yang tinggi. Dalam hubungan ini maka untuk mengenal siswa-siswanya dengan baik, guru perlu memiliki kemampuan untuk melakukan diagnosis serta mengenal dengan baik cara-cara yang paling efektif untuk membantu siswa bertumbuh sesuai dengan potensinya masing-masing. Namun seringkali guru menemui kendala saat melakukan pembelajaran di dalam kelas, termasuk salah satunya adalah rendahnya partisipasi dan rendahnya prestasi belajar siswa. Karenanya perlu dilakukan perbaikan salah satunya dengan menggunakan model kajian kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dengan menggunakan tiga siklus yang terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan hasil dari penelitian ini adalah Selain itu dengan berdiskusi suasana kelas lebih hidup sebab siswa mengarahkan perhatian atau pikirannya kepada masalah yang akan didiskusikan. Dapat memunculkan kreativitas, ide, prestasi kepribadian individu seperti toleransi, demokrasi, berpikir kritis, sistematis, sabar dan sebagainya. Kesimpulan hasil diskusi mudah dipahami siswa karena mereka mengikuti proses berfikir sebelum sampai pada suatu kesimpulan.