Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fiqih Materi Salat ‘Idain melalui Penerapan Metode Market Place Activity pada Siswa Kelas IV Semester Genap MI Salafiyah Lebakgowah TP. 2016/ 2017
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i2.559Keywords:
aktivitas, prestasi belajar, I’dain, market place activity, fiqihAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak tuntasnya pembelajaran yang telah dilaksanakan guru karena selama ini pembelajaran konvensional dengan dominasi metode ceramah. Kenyataan di lapangan pada materi pokok ketentuan salat idain, pada tahun pelajaran 2016/2017 hasil ulangan harian diperoleh rata-rata kelas sebesar 65 dengan ketuntasan belajar sebanyak 67%. Pada tahun sebelumnya tahun 2016/2017 materi pokok yang sama yakni ketentuan Salat idain rata-rata ulangan harian baru mencapai 62 dengan ketuntasan belajar mencapai 59%. Oleh karena itu guru perlu memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penerapan metode Market Place Activity (MPA) dalam pembelajaran di kelas. Rumusan masalahnya adalah Apakah melalui Penerapan Metode Market Place Activity dapat meningkatkann Aktivitas dan Prestasi Belajar Materi Pokok Ketentuan Salat idain Pada Siswa Kelas IV Semester 2 MI Salafiyah Lebakgowah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Dan Apakah Melalui Penerapan Metode Market Place Activity dapat meningkatkann Prestasi Belajar Materi Pokok Ketentuan Salat Idain Pada Siswa Kelas IV Semester 2 MI Salafiyah Lebakgowah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dialksanakan selama 2 siklus, tiap siklus ada empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV semester 2 pada MI Salafiyah Lebakgowah sebanyak 16 siswa. Hasil penelitian disebutkan bahwa pembelajaran siswa kelas IV MI Salafiyah Lebakgowah pada pra tindakan dengan nilai rata-rata 58, siklus I naik mencapai 29% dengan rata-rata kelas belum mencapai ketuntasan belajar, karena masih di bawah KKM. Ketuntasannya baru mencapai 28%. Pada akhir siklus II rata-rata kelas 78 dengan ketuntasan 82% sehingga dikatakan tuntas klasikal.