HUBUNGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KEMAMPU-AN PSIKOMOTORIK DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BUMIAYU
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i2.561Keywords:
Kemampuan, Kognitif, Psikomotorik, Keterampilan Proses IPAAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA yang menitik beratkan pada kemampuan kognitif. Walaupun sudah menggunakan Kurikulum 2013 tetapi tetap ada penambahan materi kognitif. Keterampilan proses IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Bumiayu belum pernah dilakukan penilaian, guru hanya sebatas praktik saja, tidak menilai kemampuan psikomotorik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotorik yang dipandang dari keterampilan proses IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik sampel yang digunakan Cluster Random Sampling, dengan jumlah sampel sebesar 93 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan antara kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotorik yang dipandang dari keterampilan proses IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Bumiayu. Besarnya hubungan yaitu sebesar 0,797. Oleh karena itu, kemampuan kognitif memiliki hubungan dengan kemampuan psikomotorik terhadap keterampilan proses IPA.