METODE PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sri Wartulas Universitas Peradaban
  • Anwar Ardani Universitas Peradaban
  • Isma Sakinah Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i1.676

Keywords:

metode pembelajaran, motivasi belajar siswa, masa pandemu covid-19

Abstract

Penelitan dengan jenis deskriptif kualitatif ini dilaksanakan dalam rangka pemilihan metode pembelajaran yang efektif di SMP 2 Al Hikmah 2 Benda. Penelitian ini  bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan banyaknya guru yang kebingungan menentukan bagaimana metode pembelajaran yang tepat dengan sistem on-line, meski dilakukan di rumah, proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik; 2) mendeskripsikan rendahnya motiasi siswa dalam mengikuti pembelajaran online; 3) mendeskripsikan ketidaksiapan stakeholder (orang tua) dalam pelaksanaan pembelajaran daring; 4) mendeskripsikan keterbatasan sarana dan prasarana terutama yang berkaitan dengan kepemilikan siswa terhadap perangkat pendukung teknologi yaitu handphone. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan wawancara. Sedangkan hasil penelitiannya menunjukkan bahwa dengan adanya beberapa metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh para guru SMP Al Hikmah 2 Benda dapat menjadi alternatif pemilihan metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada masa pandemi covid sekarang ini. Dengan memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang efektif di masa pandemi ini, akan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran online, baik oleh anak-anak pondok maupun anak yang tidak mondok, hal ini juga karena ditunjang oleh partisipasi dan dukungan orang tua siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

 

Downloads

Published

2021-03-05

Issue

Section

Articles