ANALISIS BELAJAR SENI RUPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DIMASA PADEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i1.678Keywords:
Belajar, Seni Rupa, PandemiAbstract
Penelitian ini mengkaji pada kegiatan belajar siswa Sekolah Dasar di bidang seni rupa, fokus penelitian ini pada kegiatan siswa Sekolah Dasar yang mengikuti kegiatan pelatihan belajar seni, fokus seni dalam penelitian ini adalah seni rupa. Melihat situasi yang ada pada masa pademi saat ini tentu siswa Sekolah Dasar banyak meluangkan waktu belajar di rumah, selain belajar di rumah dengan mengikuti kegiatan belajar jarak jauh, adapun kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam sekolah yaitu dengan belajar sambil bermain selama kurun waktu 4 pertemuan dalam satu minggu. Subjek utama penelitian ini adalah siswa dari Sekolah Dasar di daerah Bumiayu. Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa Sekolah Dasar dalam mengikuti belajar seni rupa di luar jam sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi hasil pencapain karya yang telah dihasilkan. Sedangkan hasil dari penilitain ini adalah ditemukannya, pada saat pademi keseluruhan siswa Sekolah Dasar di wilayah Bumiayu yang telah mengikuti kegiatan belajar seni rupa bersama teman sekolah berbeda mendapatkan hasil positif baik bidang berpikir maupun bidang belajar, Adapun pengaruh setelah terselesaikannya kegiatan ini yaitu siswa lebih aktif kreatif dan produktif, pengalaman bertambah, anak lebih mandiri, dapat memberikan pendapat dan berani mengatur waktu (disiplin).