PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN BERNUANSA PAKEM MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI MI IKHSANIYAH LEBETENG TARUB TEGAL TP. 2019/ 2020
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i1.679Keywords:
PAKEM, Supervisi, Kunjungan KelasAbstract
Tugas dan peran seorang guru tidak hanya dituntut untuk dapat menyelesaikan target materi pada setiap mata pelajaran saja. Kemampuan seorang guru lebih dipertaruhkan saat menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas, apakah guru dapat menyampaikannya dengan baik sehingga peserta didik merasa senang dalam mengikuti pembelajaran dan dapat memahami setiap materi yang disampaikan oleh seorang guru, ataukah malah sebaliknya. Kemampuan inilah yang akhirnya menuntut seorang guru untuk dapat melakukan persiapan dengan baik sebelum ia menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Persiapan yang dilakukan guru sebelum pembelajaran akan sangat berpengaruh sangat besar terhadap keberhasilan proses pendidikan. Proses pembelajaran di dalam kelas sangat tergantung kepada kemampuan dan ketrampilan guru dalam mengelola kelas. Namun dari pengamatan awal diketahui bahwa kemampuan guru MI Ikhsaniyah dalam penyusunan perencanaan pembelajaran bernuansa PAKEM sangat rendah, maka diperlukan suatu penelitian tindakan sekolah. Maka penelitian ini mengangkat judul “Apakah kegiatan supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran bernuansa PAKEM di MI Ikhsaniyah Lebeteng Tarub Tegal TP. 2019/ 2020?â€Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan guru untuk merancang pembelajaran bernuansa PAKEM di MI. Ikhsaniyah Lebeteng Tarub Tegal TP. 2019/ 2020. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan melalui dua siklus maka dapat diketahui hasil refleksi siklus I menunjukkan bahwa kemampuan guru MI. Ikhsaniyah Lebeteng Tarub Tegal masih rendah. Pada siklus II ini lebih memfokuskan pada peningkatan kemampuan guru MI. Ikhsaniyah Lebeteng Tarub Tegal dalam menyusun perencanaan pembelajaran melalui kegiatan supervisi kunjungan kelas. Hasil siklus II menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan guru MI Ikhsaniyah Lebeteng Tarub Tegal dalam menyusun perencanaan berbasis PAKEM. Sehingga dari penelitian yang sangat sederhana ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru MI. Ikhsaniyah Lebeteng Tarub Tegal dalam menyusun perencanaan pembelajaran berbasis PAKEM.