PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DISABO (DISSASTER SMART BOOK) BERBASIS KOMIK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Hesty Kritsyaningrum Universitas Peradaban
  • Noviea Varahdilah Sandi Universitas Peradaban
  • Winarto Winarto Universitas Peradaban
  • Ditya Arbaningrum Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i1.790

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, DISABO, Komik, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB)  (2015) melaporkan bahwa Kabupaten Brebes memiliki beberapa daerah rawan bencana banjir dan longsor. Permasalahan bencana tidak menjadi tanggung jawab BNPB sepenuhnya, melainkan tanggung jawab pemerintahan daerah, dan instansi terkait. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah untuk mendukung mitigasi bencana yaitu berpartisipasi aktif untuk menyelenggarakan pendidikan kebencanaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media buku saku pintar pendidikan bencana untuk siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan (1974). Teknik sampel yang digunakan yaitu purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh (1) media DISABO dikembangkan berdasarkan studi pendahuluan belum tersedia media yang mengemas komik dan pendidikan bencana. (2) DISABO layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media, materi dan respon siswa dengan kategori sangat baik

Downloads

Published

2021-08-21

Issue

Section

Articles