PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI LAMBANG BUNYI VOKAL DAN KONSONAN DALAM KATA BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD BAGI PESERTA DIDIK KELAS 1A MI NAHDLATUL ULAMA 01 KALADAWA TALANG TP 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i2.815Keywords:
vokal, konsonan, flash cardAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia. Penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik, belum memahami materi lambang bunyi, dan nilai uji kompetensi yang belum mencapai KKM 72. Permasalahan inilah yang menjadi dasar penelitian ini. Prosedur penelitian yang digunakan adalah model Riel (2007) dengan empat tahap dalam satu siklus. Siklus yang dilakukan penelitian ini sebanyak 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas 1 A MI Nahdatul Ulama 01 Kaladawa, Talang. Hasil pengamatan pada siklus 1 diperoleh bahwa peserta didik kurang semangat karena melakukan aktivitas lain yang menggangu. Ini didasari oleh hasil pengamatan selama tindakan berlangsung. Berikutnya hasil uji komptensi pada siklus ini belum memenuhi target nilai di atas KKM dan persentase ketuntasan masih 62,2%. Sedangkan pada siklus 2, peserta didik sudah mulai aktif dan termotivasi untuk belajar. Perubahan ini membawa hasil berupa peningkatan nilai yang diperoleh. Sebanyak 94,6 % peserta didik sudah mencapai nilai di atas KKM. Oleh karena itu, siklus 2 dinyatakan selesai dengan perolehan hasil angket kepuasan yang baik.