PENGARUH MODEL MODIFIKASI APOS (M-APOS) PADA KEGIATAN PBL BERBASIS ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PGSD
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i2.817Keywords:
Model Modifikasi APOS (M-APOS), PBL, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi strategi pembelajaran di masa pandemi COVID-19 sebagai solusi yang tepat dalam meningkatkan minat belajar siswa agar program studi guru SD tetap aktif dan mengikuti kegiatan pembelajaran online dengan baik, benar dan mendapatkan pembelajaran yang tuntas. Subjek penelitian ini adalah program studi guru SD tahun ajaran 2020/2021 Universitas Peradaban. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa take home task berbasis online dilakukan oleh siswa program studi guru SD melalui kegiatan hands-on. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi dalam kegiatan pembelajaran menggunakan Modified APOS (M-APOS) yang dipadukan dengan pembelajaran online yang menunjukkan dampak positif terhadap minat belajar. hal ini dibuktikan dengan hasil persentase tanggapan siswa menunjukkan bahwa rata-rata intensitas siswa menjawab YA adalah 49% dari 55% dan persentase Tidak adalah 4,4% dari 55%.