INTEGRASI AGAMA DAN SAINS PADA KELAS 5 TEMA 1, ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i2.819Keywords:
Integrasi, Agama, Sains, Tema, Organ dan GerakAbstract
Salah satu amanah dari kurikulum 2013 adalah implementasi KI-1 (kompetensi untuk aspek spiritual). Namun pada prakteknya guru yang memiliki kompetensi di bidangnya dan pengetahuan agama masih sangat sedikit. Salah satu upaya untuk membantu guru dalam mengimplementasikan KI-1, adalah dengan membuat referensi atau modul yang bisa dipakai oleh para guru. Penelitian ini menghasilkan alternatif tambahan materi tema 1 kelas, organ gerak hewan dan manusia dengan menggunakan, dengan menggunakan 3 model integrasi, yaitu: Textual Method (thoriiqotun nashiyah), Cultur-histosrical method (thoriqot tsaqofiyah taarikhiyyah) dan Meaning Method (thoriiqotul ma’na). Model pembelajaran integratif ini dapat menstimulus siswa untuk berpikir HOTS, karena pembelajaran integratif mengantakan siswa mendapatkan pemahaman (level 1), aplikasi (level 2), dan penalaran (level 3).