PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i2.820Keywords:
Peran Guru, Motivasi Belajar, Masa Pandemi Covid-19Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan mengenai peran guru dalam memotivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19. Peranan guru meliputi banyak hal, yaitu guru dapat berperan sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan belajar, perencana pembelajaran, supervisor, motivator dan sebagai evaluator. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini bahwa pada masa pandemi saat sekarang ini, sebagian besar kegiatan dilakukan di rumah/online/daring di mana guru harus lebih mengupayakan agar motivasi belajar siswa tidak menurun dengan memberikan metode proses belajar yang kreatif sehingga siswa bisa lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. upaya yang bisa diterapkan guru misalnya memberikan metode pembelajaran secara langsung di rumah siswa. Hal ini juga menyangkut fungsi guru sebagai pengajar yang berhubungan dengan cara pemeliharaan dan peningkatan motivasi belajar anak didik, yaitu guru harus dapat menggairahkan anak didik, memberikan harapan yang realistis, memberikan insentif, dan mengarahkan perilaku anak didik kearah yang menunjang tercapainya tujuan pengajaran.