PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i1.982Keywords:
Blended learning, Google classroom, Hasil dan Kemandirian BelajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Besarnya pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar sebesar 93,4% dan besaran pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 95,4%.