KAJIAN TENTANG INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SMP IT IHSANUL FIKRI BOARDING SCHOOL KABUPATEN MAGELANG

  • Didik Tri Setiyoko
Keywords: Interaksi Sosial, Boarding School,, Nilai-nilai Multikultural

Abstract

Interaksi sosial menjadi sebuah faktor penting dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dapat menunjang tercapainya tujuan-tujuan belajar. Peserta didik diharapkan dapat menerima pesan dengan baik dan tidak terjadi miss understanding dalam proses interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dan pola interaksi sosial peserta didik yang multikultur dalam sistem Boarding School, serta menjadi kajian ilmiah dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan metode. Dari temuan data dan pembahasan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pola interaksi sosial antar peserta didik SMP IT Ihsanul Fikri dalam sistem boarding school adalah interaksi yang sifatnya lebih mengarah pada keharmonisan (asosiatif). (2) Penerapan sistem boarding school memiliki kelebihan dan kelemahan. Boarding school adalah salah satu alternatif sistem pendidikan yang layak untuk dipilih. Selama 24 jam anak hidup dalam pemantauan dan kontrol yang total dari pengelola, guru, dan pengasuh di sekolah-sekolah berasrama. (3) Bentuk-bentuk interaksi sosial asosiatif antara peserta didik dari Jawa dengan luar Jawa terdiri dari adanya kerja sama, akomodasi, asimilasi dan juga akulturasi. Artinya hal tersebut telah terwujud dalam interaksi sosial yang berlandaskan nilai-nilai multikultural di lingkungan SMP IT Ihsanul Fikri. Kesimpulan penelitian ini adalah interaksi sosial peserta didik berjalan secara harmonis. Saran dari penelitian ini adalah untuk sekolah, dalam menerapkan pembelajaran di sekolah khususnya mata pembelajaran rumpun IPS untuk lebih menekankan pentingnya penjabaran tentang interaksi sosial yang asosiatif secara benar.

Published
2022-03-23
Section
Articles